tgl, 26 -07- 2018

PEMELIHARAAN PEDET SAPI PERAH

 

 

                Pada dasarnya seekor anak sapi atau pedet yang sehat hanya dapat dihasilkan dari sapi yang sehat pula. Sapi yang sehat dapat diperoleh dengan memberikan ransum secara tepat selama masa kebuntingan. Dengan demikian selama induk tersebut bunting, maka perlu diperhatikan kesehtan dan pakan induk setiap harinya.

PEDET YANG BARU LAHIR

                Secara naluriah seekor induk biasanya akan menjilati tubuh anaknya yang baru dilahirkan. Pedet yang baru dilahirkan biasanya akan basah oleh cairan yang berasal dati tubuh induknya.

                Jika hal ini tidak terjadi maka yang perlu dilakukan adalah memebersihkan lender didalam rangga mulut dan rongga hidungnya. Selain itu, bulu-bulu yang basah perlu dikeringkan dengan menggunakan lap kering dan basah. Perlu diperhatikan pula,agar pedet yang baru dilahirkan tidak terkena kotoran (faeces) dari sapi, maupun tercemar kotoran yang berasal dari lingkunagannya.

                Untuk mencegah terjadinya infeksi pada tali pusar yang ada harus segera dipotong pendek (± 2 cm dari pangkalnya) dan didesinfektan (disuci hamakan) dengan jalan mencelup bekas potongan ke dalam larutan yodium sesegera mungkin setelah kelahirannya.

PAKAN PEDET YANG BARU DILAHIRKAN

                Seperti halnya ternak lainnya, Pedet yang baru dilahirkan juga memerlukan makanan. Pakan utama yang diperlukan pedet yang baru dilahirkan adalah kolostrum, yaitu air susu yang dihasilkan oleh induk yang baru melahirkan.

                Bagi pedet, kolostrum itu sangat penting karena mengadung 10-15 kali vitamin (terutama vitamin A) dan 2 kali lebih banyak kandungan energy dan proteinnya dibandingkan dengan susu normal. Kolostrum diperlukan karena mengandung sejumlah antibody (zat kebal) yang berguna untuk melindungi pedet yang baru dilahirkan dari berbagai penyakit infeksi.

Kolostrum diberikan tidak lebih dari 2 jam pertama setelah pedet dilahirkan, jumlah yang diberikan 0,5 -1 liter, dan setelah itu diberikan ± 2 liter untuk waktu 6 jam berikutnya, tetapi bila pedet mampu untuk menghisapnya sendiri, maka biarkan pedet tersebut melakukannya.

MELATIH PEDET MINUM SUSU

                Bagi peternak sapi perah, adalah lebih mengutungkan bila memisahkan pedet secepat mungkin dari induknya, karena jika pedet dipisah, maka induk segera dapat diperah air susunya. Walaupun diperlukan penyapihan sedini mungkin, tetap penting diperhatikan kebutuhan pedet akan kolotrum dari induknya.

 

CARA - CARA TERSEBUT ADALAH

1.       Jepit leher pedet diantara dua kaki kita

2.       Jari tangan dibasahi air susu, perlahan-lahan dimasukkan ke dalam mulut pedet.

3.       Jika pedet sudah mulai menghisap secara perlahan-laha mulut pedet kita arahkan kedalam ember

4.       Usahakan hidung pedet tidak masuk kedalam air susu

5.       Karena terangsang, pedet akan menghisap air susu yang ada dalam ember

6.       Jika sudah mulai menghisap air susu dalam ember, jari dikeluarkan dari mulut pedet.

RANSUM PEDET

                Sampai umur 3 bulan air susu yang berasal dari induk dapat dimanfaatkan sapenuhnya oleh pedet. Oleh karena itu sampai umur tersebut pakan utama yang dapat diberikan ialah air susu. Kolostrum akan efektif jika diberikan dalam masa 4-5 hari. Setelah itu, pedet tersebut dapat diberi susu segar atau susu bubuk krim.

                UNTUK memperoleh 1 liter susu pengati dapat diperoleh dengan :

1.       Mencampur 150 gram susu bubuk pengganti dengan 1 liter air.

2.       Mencampur 130 gram susu bubuk pengganti dengan 1 liter air.

Kedua bahan tersebut diaduk smabil dipanaskan sampai suhu 30-40 derajat celcius.

PAKAN PEDET MENJELANG DISAPIH

                Agar nantinya tumbuh menjadi ternak yang sehat, maka pada saat pertumbuhannya pedet perlu diberi pakan berupa konsentrat berkualitas tinggi. Hijuan berkualitas tinggi harus divberikan sedini mungkin untuk harus diberikan perkembangan rumen.

                Konsentrat merupakan pakan yang mudah rusak, oleh karena itu perlu dilakukan penyimpanan dengan benar. Pedet lebih menyukai bentuk pedet (butiran kecil). Usahankan tidak memberiakn konsentrat berlebihan, sehingga tersisa banyak.

                Pemberian pakan konsentrat hijuan dan susu dari induk diberikan sampai umur 3 minggu. Setelah umur 3 minggu, susu dari induk dapat diganti dengan susu krim.

                Dengan penanganan yang baik dan pemebrian konsentrat yang cukup, pemberian susu dapat dihentikan setelah pedet berumur 2,5 bulan.

KESEHATAN PEDET

                Kesehatan pedet sejak awal kelahiran sangat menentukan perkembangan selanjutnya. Pedet yang sehat akan ditandai dengan :

·         Gerakannya aktif

·         Bulu halus, bersih dan tidak lesu

·         Mata cemerlang,bersih dan tidak lesu.

Sedangkan pedet yang sakit akan memiliki tanda –tanda :

·         Nafsu makan dan minum menurun

·         Lesu, bulunya kasar

·         Ada gejala-gejala diare

Pencegahan penyakit harus dilakukan sedini mungkin. Jika dapat mengatasinya perlu dilakukan dengan hati –hati. Jka di anggap terlalu serius, supaya menghubungi petugas atau mantra kesehatan hewan secepatnya.