28/04/2020

 

Dinas ketahanan pangan dan peternakan kabupaten pamekasan melakukan sidak kepasar-pasar tradisional salah satunya pasar tradisional Pakong. Tujuan dari sidak ini adalah untuk melakukan pengawasan bahan pangan asal hewan agar masyarakat mendapatkan daging dan produk-produk pangan asal hewan yang ASUH (aman, sehat, utuh dan halal) sehingga masyarakat tidak perlu merasa khawatir dengan kualitas daging dan bahan pangan asal hewan yang bagus dan layak konsumsi.

Sidak ini dilakukan setiap hari pasaran dalam bulan suci ramadhan dan dilakukan langsung oleh kepala seksi kesehatan masyarakat veteriner, dokter hewan, dan Paramedik veteriner. pemeriksaan yang dilakukan saat sidak ini adalah memeriksa kualitas daging mulai dari bau, dan tekstur dari daging tersebut bahkan petugas memeriksa PH dari daging tersebut menggunakan PH meter kemudian petugas mencatat dan mengambil sedikit sampel guna dilakukan uji laboratorium guna memastikan daging tersebut tidak mengandung formalin dan sebagainya.

Hasil Sidak dipasar Pakong ini jumlah sampel daging yang diperoleh sebanyak 28 sampel yang terdiri dari 23 sampel daging sapi, 4 sampel daging ayam dan 1 Telur